Mengurus Paspor Umroh Baru di Kantor Imigrasi Bandung (Juni 2014)
wuiiih
judulnya komplit banget yaa??
hihihi..ini
gara2 pas mau cari tau cara-cara bikin paspor trus tiap saya gugling dengan
judul yang kaya gitu gak pernah nemu ciin..banyak sih link yang keluar..eh pas
dibaca isinya paling update tuh maret atau april 2014 gitu deh..dan ternyata
banyak hal yang baru saya ketahui pas di TKP..
jadi disini
saya mau nyeritain gimana saya jadi “calo” buat bikinin paspor mamah& bapak
saya..iya yang umroh mamah & bapak trus saya bantuin bikin paspornya hihi..eh
mohon didoakan dulu ya semoga lancaar persiapan umrohnya iniii..amiiin :)
so here we
go the story..
Senin, 9 Juni 2014
Nongkrong
depan kompi dengan jaringan internet kenceng dan bersiap daftar online di sini
ya..
Kondisi awal : sudah men-scan dokumen-dokumen
terkait yang dibutuhkan dalam format .JPG yaitu
1. KTP
2. Kartu Keluarga (KK)
3. Akte Nikah
4. Akte Kelahiran
Trus mencompres ukurannya biar ga lebih dari
1.8 mb..saya sih cari aman semuanya ukuran kurang lebih 300kb
Nah pas
udah masuk kesitu tuh..siapkan jari jemari anda untuk mengetik data-data
terkait yang harus diisi:
1. Memilih
jenis paspor :
tentukan tujuannya dulu, kalo untuk umroh pastinya pilih jenis “paspor biasa”
yaa..kalo mau kerja diluar negeri pasti pilih”paspor TKI” dong..dll..
Kalo udah
paspor biasa, pilihan di bawahnya otomatis jenis paspor 48 H perorangan alias
48 halaman..ati2 jangan diubah jadi 24H..konon itu untuk TKI dan konon itu
untuk negara2 tertentu saja..CMIIW
2. Awas
jangan dulu di klik lanjut dibawahnya ya, liat tuh disampingnya ada data-data
yang harus diisi..jadi silakan isi nama, alamat, tanggal lahir, dkk nya itu ya
sesuai KTP…nah disini saya nemu hal
baru! yaitu adanya kolom “nama pada paspor”..sempet bingung dong,karena
nama mamah & bapak saya cuma satu suku kata, sedangkan kalo paspor umroh
harus 3 suku kata! jadi lah saya tambahkan nama ayah dan kakek kandung dari
mamah dan bapak saya..kalo dah diisi semua kolomnya lanjut deh…
3. selanjutnya
masih ada aje ternyata kolom-kolom isian..isinya tentang alamat, nama orang
tua, nama suami/istri, kewarganegaraan, dll..isi aja yang bisa diisi dulu..klik
lanjut deeeh…
4. lanjuuut
masuk ke sesi mengupload dokumen-dokumen persyaratannya..ternyata akte
kelahiran dan akte nikah itu bersifat ATAU, alias boleh salah satunya aja
kok..orang yg bisa diupload cuma salah satunya..hehehe
kalo udah
komplit ngisi-ngisinya..ntar bakal ada konfirmasi ke email qta…naaah buat
“calo” macam saya yang ngedaftarin dua orang ini, ternyata email yang dipakai
GA BOLEH sama!harus beda, soalnya kejadian pas saya masukin nama email yang
sama,,eh konfirmasi yang masuk cuma buat satu paspor aja..terpaksa deh daftar
ulang dari awal dengan email berbeda..fufufufu..
5. cek
email ente gan!nanti dapet tuh email dari SPRI..donlod attachmentnya, print dan
siapkan uang buat bayar..soalnya next step adalah BAYAR KE BNI!
Selasa, 10 Juni 2014
1. yup,
jadi attachment di email itu adalah surat pengantar buat bayar ke bank..dan
saat ini bank yang ditunjuk BNI ONLY..harus dibawa ya kakaaak suratnya itu,
serahin ke teller, trus bayar deh 260.000 (udah ditambah biaya admin
5rebu)..nanti dapet bukti pembayaran dari bank, dan JANGAN HILANG, JANGAN
DIBUANG, pokoknya simpen baik-baik!
2. back to
computer..buka email yang tadi lagi (itu lhooo yang dapet attachment pengantar
bank), baca ke bawah..ada link buat konfirmasi kalo udah bayar.. klik aja, dan
munculah beberapa kolom yang harus diisi lagi (apaaa??kolom2 lagiii??)
tenaaang..cuma 3 kolom kok yang diisi..hehe..
yaitu kolom jurnal bank (nyontek
dari bukti pembayaran dari bank itu, ntar kebaca kok ada kata2 JURNAL BANK),
trus kolom nyalin huruf2 itu loh (apa sih namanya ya?CAPTCHA bukan sih?), trus
kolom pilih tanggal kedatangan..harap di pilih tanggal kedatangan yang kurang
dari 5 hari setelah ente bayar ya..soalnya kalo lebih ntar terhapus dari
sistem, dan uangnya ga bisa direfund..amit-amit hiiiyyy…
3. Nah kalo
ini udah selesai..bakalan ada surat cinta lagi noh ke email lo dari
SPRI..isinya attachment tanda terima permohonan yang ada barcodenya..dan ini
WAJIB dibawa pas ke KANIM yaa..jadi print dong.
Hal baru
yang saya temui disini adalah, kalo urutannya udah beda..
jadii..duluuu yang saya tauu..tanggal
kedatangan itu muncul di laman akhir pas daftar online kan..nah bayarnya
sendiri nanti pas hari H di KANIM nya..ternyata sistem udah berubah bro, jadi
bayar diawal..setelah bayar baru muncul deh opsi tanggal kedatangan..begituuu…
Kamis, 12 Juni 2014
Intermezzo :
Malem-malem iseng gugling dengan keyword
“imigrasi bandung” dan terlempar ke beberapa laman yang berisi kalo ngantri
paspor di KANIM bandung itu eduaaan!karena ada yang ampe nginep dan berkemah
segala demi masuk kuota di hari itu..eh SERIUS LO?
trus baca-baca lagi..ada yang ngantri dari jam
5 pagi!OH MY GOD..qta harus jam berapa dari rumah kalo kaya giniii? *meratapi
nasib karena rumah jauh*
Jumat, 13 Juni 2014
Setelah
malem sebelumnya dihantui kecemasan akan antrian, akhirnya saya dan suami
berinisiatif berangkat jam setengah 5 subuh duluan..dan mamah & bapak
nyusul aja bawa mobil (biar bisa masuk tol).
Nyampe
KANIM ternyata jam setengah 6 dan masih KOSONG MELOMPONG aja gitu
kaaak..gerbang masih tertutup rapat..hahaha..suami langsung mendelik sempurna
dan terbaca dari matanya kalo doi berkata “mana yang ngantri dari
subuh?mana???”
dan sang
istri pun langsung tersenyum kecut sekaligus lega..Alhamdulillah Ya Allah ga
usah antri panjaaang…trus nanya ke pak satpamnya, dan doi bilang antrian dibuka
jam 6 pagi,,okesip mari cari sarapan dulu..Dan disaat pencarian sarapan ini
lah, mamah& bapak nyampe TKP dan antrian sudah dimulai..yaelaah..niat hati
ini mau jadi calo ortu, biar qta aja gitu yang antri..eh ujung-ujungnya ortu
juga yang akhirnya ngantri..hahaha…untungnya karena kepagian gitu, dapet
antrian nomor 3 dan 4!hip hip horeeey..
Jadi beginilah kira-kira urutan
kedatangan ke KANIM pas hari H :
1. Antri
buat ngambil nomor antrian yang dari mesin gitu,,ambil map kuning di meja yang
disediakan di deket pintu masuk (GRATIS!). Nah buat pendaftar online, barcode
di tanda permohonan yang qta dapet sebelumnya di scan..dan langsung muncul nama
qta dan keluarlah nomor antrian qta.
Tips : Datanglah sebelum jam 6 pagi!biar dapat nomor antrian awal dan
masuk di kuota hari itu. Kuota dari KANIM Bandung adalah 500 pendaftar/hari :
250 pendaftar online dan 250 pendaftar manual..
2. Mengisi
formulir dan surat pernyataan yang udah ada di dalam map. Iye, ternyata qta
walopun udah daftar online tetep ngisi formulir manual lagi cuy....Trus isi
surat pernyataan juga,,nah nah HAL BARU! yang saya temuin lagi, kalo untuk
pendaftar yang mau umroh bakal ada surat pernyataan satu lagi..isinya surat
pernyataan mau nambah nama gitu..jadiii apa yang kita isi di kolom “nama pada
paspor” pas daftar online di hari senin silam itu TIDAK BERLAKU
dong..haha..yang berlaku adalah nama yang qta masukin di surat pernyataan itu.
Kalo udah diisi semuanya..tandatangan ya, trus masukin fotocopy dokumen
persyaratannya ke map itu juga (KTP, KK, Akte kelahiran, Akte nikah)..nah HAL
BARU! lagi yang saya ketahui pas nyampe TKP, kalo fotocopy KTP itu jangan yang
dipotong dan bolak-balik..cukup di satu lembar HVS ato A4 isinya tampak depan
dan tampak belakang si KTP..kalo ga kebayang, yah nanti tinggal ngecopy disana
aja..tukang fotocopyan nya udah pada paham kok yang beginian..hehe
Notes : Jadi sebenernya data-data pas daftar online itu kayanya sih gak
berlaku.cuma emang sih pendaftar online berkas-berkas isiannya ga sebanyak
pendaftar manual di hari H..
Tips : Jangan lupa
bawa bolpoin HITAM dan materai 2 buah (kalo umroh juga)..kalo bukan buat
umroh..1 materai juga cukuuupp…:)
3.Nah kalo
berkas-berkas di map udah komplit..tinggal duduk santai deh nungguin panggilan..enaknya
di KANIM Bandung ini, tempat duduk banyak, layar panggilan no. antrian ada di
berbagai sisi (jadi mau duduk sebelah mana pun tetep bisa liat si layar) dan
suara panggilannya jelas! Tenaaang..counter layanan buat pendaftar online dan
manual dibedain lagi kok..jadi ketauan posisi nunggu nya yang pas di sebelah
mana.
4. Dan
ketika dipanggil,,pastikan ente masuk ke counter yang ditentukan yaa..nah nah
HAL BARU! yang saya suka adalah adanya
sistem “ONE STOP SERVICE COUNTER” yang entah sejak kapan diterapin di KANIM
Bandung..Jadi cukup antri sekali, nunggu, dipanggil, dan duduk di satu meja
counter pelayanan..semua layanan mulai dari penyerahan berkas, sidik jari, wawancara
dan foto semua dilakukan di satu tempat dan selesai!bravo..bravoo..excellent
service dude!
5. Jadi kaaan…kalo dulu tuh ya, mau
nyerahin berkas harus di loket A, trus bayar di loket B, trus wawancara dan
foto di loket C dan seterusnya,,nah sekarang itu semua sudah
MUSNAH!hihi..seneng deh jadi cepet banget lho itu!Counter dibuka jam 7.30
teng!no ngaret lho..keren iiihhhh..mamah kebagian nomor 002,,bapak kebagian
nomor 003…dan jam 8.00 semua udah selesaaiii..wuaaaahh aku ga jadi telat ke
kantor dong!hihihi
Terakhir
dapet lembar untuk pengambilan paspornya nanti 3 hari kemudian (hari kerja
ya)..mudah-mudahan ini juga ga ngaret!..Amiiiinnn
Jadi
overall aku puas pake banget ama pelayanan KANIM BANDUNG saat ini…and say NO to
CALO yaaa..(padahal sendirinya jadi “calo” buat ortu hehe)
NB :
3 hari
kemudian paspor beneran udah jadi lhoo..cuma ya itu pas pengambilan paspor
ternyata punya nyokap sempet lama dicariin petugasnya dulu gitu deh..tapi yang
pasti 3 hari itu udah JADI!sip deh KANIM Bandung..
Hi Santrilll... wah sip dehhh. Semoga menyebar ke seluruh Indonesia.
BalasHapusWuaaah mbak le cepet banget pindah lapaknya hehe...iya amiin amiin..:))
HapusWihh baru aja kemaren malem mikirin pengen punya pass tp ga tau caranya, makasiii ceritanya ngebantu banget nih say.. btw itu bayar 260ribu per orang ato dua org ya?
BalasHapusAlhamdulillah klo ngebantu banget..hihi..itu 260rb/org say :))
Hapusudah proses pengisian data informasi pemohon kemudian pengisian data pemohon trus gimana?? kapan uploadnya?? gak ada email notifikasi?? bingung bantu dong??
BalasHapushaloo..maaf baru kebaca komennya..coba dicek dulu signal internetnya ya..pastiin kenceng, soalnya step-stepnya sejauh ini masih sama yang saya ceritain..hth :)
HapusThanks ya mbak udh share makasih juga tips nya :)
BalasHapus