Jumat, 27 Juni 2014

Mengurus Paspor Umroh Baru di Kantor Imigrasi Bandung (Juni 2014)




wuiiih judulnya komplit banget yaa??
hihihi..ini gara2 pas mau cari tau cara-cara bikin paspor trus tiap saya gugling dengan judul yang kaya gitu gak pernah nemu ciin..banyak sih link yang keluar..eh pas dibaca isinya paling update tuh maret atau april 2014 gitu deh..dan ternyata banyak hal yang baru saya ketahui pas di TKP..
jadi disini saya mau nyeritain gimana saya jadi “calo” buat bikinin paspor mamah& bapak saya..iya yang umroh mamah & bapak trus saya bantuin bikin paspornya hihi..eh mohon didoakan dulu ya semoga lancaar persiapan umrohnya iniii..amiiin :)

so here we go the story..

Senin, 9 Juni 2014
Nongkrong depan kompi dengan jaringan internet kenceng dan bersiap daftar online di sini ya..
Kondisi awal : sudah men-scan dokumen-dokumen terkait yang dibutuhkan dalam format .JPG yaitu
1. KTP
2. Kartu Keluarga (KK)
3. Akte Nikah
4. Akte Kelahiran
Trus mencompres ukurannya biar ga lebih dari 1.8 mb..saya sih cari aman semuanya ukuran kurang lebih 300kb 

Nah pas udah masuk kesitu tuh..siapkan jari jemari anda untuk mengetik data-data terkait yang harus diisi:

1. Memilih jenis paspor : tentukan tujuannya dulu, kalo untuk umroh pastinya pilih jenis “paspor biasa” yaa..kalo mau kerja diluar negeri pasti pilih”paspor TKI” dong..dll..
Kalo udah paspor biasa, pilihan di bawahnya otomatis jenis paspor 48 H perorangan alias 48 halaman..ati2 jangan diubah jadi 24H..konon itu untuk TKI dan konon itu untuk negara2 tertentu saja..CMIIW

2. Awas jangan dulu di klik lanjut dibawahnya ya, liat tuh disampingnya ada data-data yang harus diisi..jadi silakan isi nama, alamat, tanggal lahir, dkk nya itu ya sesuai KTP…nah disini saya nemu hal baru! yaitu adanya kolom “nama pada paspor”..sempet bingung dong,karena nama mamah & bapak saya cuma satu suku kata, sedangkan kalo paspor umroh harus 3 suku kata! jadi lah saya tambahkan nama ayah dan kakek kandung dari mamah dan bapak saya..kalo dah diisi semua kolomnya lanjut deh…

3. selanjutnya masih ada aje ternyata kolom-kolom isian..isinya tentang alamat, nama orang tua, nama suami/istri, kewarganegaraan, dll..isi aja yang bisa diisi dulu..klik lanjut deeeh…

4. lanjuuut masuk ke sesi mengupload dokumen-dokumen persyaratannya..ternyata akte kelahiran dan akte nikah itu bersifat ATAU, alias boleh salah satunya aja kok..orang yg bisa diupload cuma salah satunya..hehehe
kalo udah komplit ngisi-ngisinya..ntar bakal ada konfirmasi ke email qta…naaah buat “calo” macam saya yang ngedaftarin dua orang ini, ternyata email yang dipakai GA BOLEH sama!harus beda, soalnya kejadian pas saya masukin nama email yang sama,,eh konfirmasi yang masuk cuma buat satu paspor aja..terpaksa deh daftar ulang dari awal dengan email berbeda..fufufufu..

5. cek email ente gan!nanti dapet tuh email dari SPRI..donlod attachmentnya, print dan siapkan uang buat bayar..soalnya next step adalah BAYAR KE BNI!

Selasa, 10 Juni 2014


1. yup, jadi attachment di email itu adalah surat pengantar buat bayar ke bank..dan saat ini bank yang ditunjuk BNI ONLY..harus dibawa ya kakaaak suratnya itu, serahin ke teller, trus bayar deh 260.000 (udah ditambah biaya admin 5rebu)..nanti dapet bukti pembayaran dari bank, dan JANGAN HILANG, JANGAN DIBUANG, pokoknya simpen baik-baik!

2. back to computer..buka email yang tadi lagi (itu lhooo yang dapet attachment pengantar bank), baca ke bawah..ada link buat konfirmasi kalo udah bayar.. klik aja, dan munculah beberapa kolom yang harus diisi lagi (apaaa??kolom2 lagiii??) tenaaang..cuma 3 kolom kok yang diisi..hehe..
yaitu kolom jurnal bank (nyontek dari bukti pembayaran dari bank itu, ntar kebaca kok ada kata2 JURNAL BANK), trus kolom nyalin huruf2 itu loh (apa sih namanya ya?CAPTCHA bukan sih?), trus kolom pilih tanggal kedatangan..harap di pilih tanggal kedatangan yang kurang dari 5 hari setelah ente bayar ya..soalnya kalo lebih ntar terhapus dari sistem, dan uangnya ga bisa direfund..amit-amit hiiiyyy…

3. Nah kalo ini udah selesai..bakalan ada surat cinta lagi noh ke email lo dari SPRI..isinya attachment tanda terima permohonan yang ada barcodenya..dan ini WAJIB dibawa pas ke KANIM yaa..jadi print dong.

Hal baru yang saya temui disini adalah, kalo urutannya udah beda..
jadii..duluuu yang saya tauu..tanggal kedatangan itu muncul di laman akhir pas daftar online kan..nah bayarnya sendiri nanti pas hari H di KANIM nya..ternyata sistem udah berubah bro, jadi bayar diawal..setelah bayar baru muncul deh opsi tanggal kedatangan..begituuu…

Kamis, 12 Juni 2014

Intermezzo :
Malem-malem iseng gugling dengan keyword “imigrasi bandung” dan terlempar ke beberapa laman yang berisi kalo ngantri paspor di KANIM bandung itu eduaaan!karena ada yang ampe nginep dan berkemah segala demi masuk kuota di hari itu..eh SERIUS LO?
trus baca-baca lagi..ada yang ngantri dari jam 5 pagi!OH MY GOD..qta harus jam berapa dari rumah kalo kaya giniii? *meratapi nasib karena rumah jauh*

Jumat, 13 Juni 2014

Setelah malem sebelumnya dihantui kecemasan akan antrian, akhirnya saya dan suami berinisiatif berangkat jam setengah 5 subuh duluan..dan mamah & bapak nyusul aja bawa mobil (biar bisa masuk tol).
Nyampe KANIM ternyata jam setengah 6 dan masih KOSONG MELOMPONG aja gitu kaaak..gerbang masih tertutup rapat..hahaha..suami langsung mendelik sempurna dan terbaca dari matanya kalo doi berkata “mana yang ngantri dari subuh?mana???

dan sang istri pun langsung tersenyum kecut sekaligus lega..Alhamdulillah Ya Allah ga usah antri panjaaang…trus nanya ke pak satpamnya, dan doi bilang antrian dibuka jam 6 pagi,,okesip mari cari sarapan dulu..Dan disaat pencarian sarapan ini lah, mamah& bapak nyampe TKP dan antrian sudah dimulai..yaelaah..niat hati ini mau jadi calo ortu, biar qta aja gitu yang antri..eh ujung-ujungnya ortu juga yang akhirnya ngantri..hahaha…untungnya karena kepagian gitu, dapet antrian nomor 3 dan 4!hip hip horeeey.. 

Jadi beginilah kira-kira urutan kedatangan ke KANIM pas hari H :

1. Antri buat ngambil nomor antrian yang dari mesin gitu,,ambil map kuning di meja yang disediakan di deket pintu masuk (GRATIS!). Nah buat pendaftar online, barcode di tanda permohonan yang qta dapet sebelumnya di scan..dan langsung muncul nama qta dan keluarlah nomor antrian qta.

Tips : Datanglah sebelum jam 6 pagi!biar dapat nomor antrian awal dan masuk di kuota hari itu. Kuota dari KANIM Bandung adalah 500 pendaftar/hari : 250 pendaftar online dan 250 pendaftar manual..

2. Mengisi formulir dan surat pernyataan yang udah ada di dalam map. Iye, ternyata qta walopun udah daftar online tetep ngisi formulir manual lagi cuy....Trus isi surat pernyataan juga,,nah nah HAL BARU! yang saya temuin lagi, kalo untuk pendaftar yang mau umroh bakal ada surat pernyataan satu lagi..isinya surat pernyataan mau nambah nama gitu..jadiii apa yang kita isi di kolom “nama pada paspor” pas daftar online di hari senin silam itu TIDAK BERLAKU dong..haha..yang berlaku adalah nama yang qta masukin di surat pernyataan itu. Kalo udah diisi semuanya..tandatangan ya, trus masukin fotocopy dokumen persyaratannya ke map itu juga (KTP, KK, Akte kelahiran, Akte nikah)..nah HAL BARU! lagi yang saya ketahui pas nyampe TKP, kalo fotocopy KTP itu jangan yang dipotong dan bolak-balik..cukup di satu lembar HVS ato A4 isinya tampak depan dan tampak belakang si KTP..kalo ga kebayang, yah nanti tinggal ngecopy disana aja..tukang fotocopyan nya udah pada paham kok yang beginian..hehe

Notes : Jadi sebenernya data-data pas daftar online itu kayanya sih gak berlaku.cuma emang sih pendaftar online berkas-berkas isiannya ga sebanyak pendaftar manual di hari H..
Tips : Jangan lupa bawa bolpoin HITAM dan materai 2 buah (kalo umroh juga)..kalo bukan buat umroh..1 materai juga cukuuupp…:)

3.Nah kalo berkas-berkas di map udah komplit..tinggal duduk santai deh nungguin panggilan..enaknya di KANIM Bandung ini, tempat duduk banyak, layar panggilan no. antrian ada di berbagai sisi (jadi mau duduk sebelah mana pun tetep bisa liat si layar) dan suara panggilannya jelas! Tenaaang..counter layanan buat pendaftar online dan manual dibedain lagi kok..jadi ketauan posisi nunggu nya yang pas di sebelah mana.

4. Dan ketika dipanggil,,pastikan ente masuk ke counter yang ditentukan yaa..nah nah HAL BARU! yang saya suka  adalah adanya sistem “ONE STOP SERVICE COUNTER” yang entah sejak kapan diterapin di KANIM Bandung..Jadi cukup antri sekali, nunggu, dipanggil, dan duduk di satu meja counter pelayanan..semua layanan mulai dari penyerahan berkas, sidik jari, wawancara dan foto semua dilakukan di satu tempat dan selesai!bravo..bravoo..excellent service dude!

5. Jadi kaaan…kalo dulu tuh ya, mau nyerahin berkas harus di loket A, trus bayar di loket B, trus wawancara dan foto di loket C dan seterusnya,,nah sekarang itu semua sudah MUSNAH!hihi..seneng deh jadi cepet banget lho itu!Counter dibuka jam 7.30 teng!no ngaret lho..keren iiihhhh..mamah kebagian nomor 002,,bapak kebagian nomor 003…dan jam 8.00 semua udah selesaaiii..wuaaaahh aku ga jadi telat ke kantor dong!hihihi
Terakhir dapet lembar untuk pengambilan paspornya nanti 3 hari kemudian (hari kerja ya)..mudah-mudahan ini juga ga ngaret!..Amiiiinnn

Jadi overall aku puas pake banget ama pelayanan KANIM BANDUNG saat ini…and say NO to CALO yaaa..(padahal sendirinya jadi “calo” buat ortu hehe)

NB :
3 hari kemudian paspor beneran udah jadi lhoo..cuma ya itu pas pengambilan paspor ternyata punya nyokap sempet lama dicariin petugasnya dulu gitu deh..tapi yang pasti 3 hari itu udah JADI!sip deh KANIM Bandung..

8 komentar:

  1. Hi Santrilll... wah sip dehhh. Semoga menyebar ke seluruh Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaaah mbak le cepet banget pindah lapaknya hehe...iya amiin amiin..:))

      Hapus
    2. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































      Hapus
  2. Wihh baru aja kemaren malem mikirin pengen punya pass tp ga tau caranya, makasiii ceritanya ngebantu banget nih say.. btw itu bayar 260ribu per orang ato dua org ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah klo ngebantu banget..hihi..itu 260rb/org say :))

      Hapus
  3. udah proses pengisian data informasi pemohon kemudian pengisian data pemohon trus gimana?? kapan uploadnya?? gak ada email notifikasi?? bingung bantu dong??

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo..maaf baru kebaca komennya..coba dicek dulu signal internetnya ya..pastiin kenceng, soalnya step-stepnya sejauh ini masih sama yang saya ceritain..hth :)

      Hapus
  4. Thanks ya mbak udh share makasih juga tips nya :)

    BalasHapus