Jumat, 11 Mei 2012

Ketika orang sunda mencoba ngomong F…

Akan berubah jadi P!!trust me,,it works true! (-.-‘)


Kalo anda-anda semua punya temen yang asli sunda atau bahkan anda sendiri adalah keturunan sunda, saya yakin pasti setuju..karena saya sendiri adalah buktinya..
Buat saya F dan P adalah saudara kembar, jadi saya selalu menyamaratakan perlakuan atas keduanya #alibipertama. Susah sih ga ngucapinnya,tapi buat kami orang sunda tulen ngucapin F dengan benar itu terlalu resmi dan formal #alibikedua :p
Pas saya masih di tinggal di bandung,,penyamarataan hak si F dan P ini ga terlalu jadi masalah..karena saya hidup di belantara orang sunda tulen. Tapi pas saya kuliah di luar bandung yaitu di Depok (padahal masih jabar ye) yang orang sunda tulennya minoritas, kebanyakan orang sunda blasteran, saya pun tersadarkan!
Suatu hari ketika kuliah dimulai,,saya bermaksud mendatangi Pusat Administrasi Fakultas yang disingkat PAF..saya pun mengajak beberapa teman kesana..

Saya : oi oi,,anterin gw ke PAP yuuuk!
Teman-teman (2 orang) : hayuuuu *jawab spontan,lalu mendadak terdiam* eh lo ngajak kemana tadi? ucap salah satu diantaranya
Saya : PAP ibu-ibu…*merasa kalo temen-temennya itu memiliki kekurangan di pendengaran*
Teman-teman : PAF kaliiiii… *dan merekapun tertawa dengan derasnya*

Disitulah pertamakalinya saya sadar..hidup ini bukan sekedar bergaul dengan orang sunda tulen #tsaaaah

Belajar dari kejadian diatas,,saya menyadari bahwa hak F dan P itu berbeda,,sehingga ketika saya mengajak teman-teman untuk pergi ke PAF yang kedua kalinya..saya berusaha mengucapkan dengan benar..

Saya : ibu-ibu,,anterin ke FAP yuuu…
Teman-teman : *melongo, terdiam, menahan tawa* PAF kali triiiiilll…*dan tertawa dengan deras kembali*

Disitulah kedua kalinya saya sadar untuk tidak menukar Hak antara si F dan P #woosaaaah

Gara-gara kejadian F dan P yang sering tertukar HAK nya,,teman-teman saya pun satu persatu mengetahuinya..hal ini berakibat fatal!karena gara-gara mereka tau,,mereka jadi lebih perhatian ke saya (duh berasa artis deh jadinya :p), Misalnya adalah ketika saya presentasi tugas, orang akan terdiam sejenak ketika mereka tau saya akan mengucapkan kalimat yang mengandung F dan P sekaligus..dan kalo saya salah, merekapun senyum-senyum  sendiri..fiuuuuh!untuk sesaat saya akhirnya selalu menghindari penggunaan kata yang mengandung saudara kembar itu..
Sampai saya menyadari bukan hanya hak F dan P saja yang tertukar,,karena kadang saya pun menukar hak antara V dan P..yup!saya mengucapkan VIP menjadi Pi Ai Pi..oh my ada apa dengan lidah ini? (--,--‘)

Jadi moral of this stories adalah F, V dan P adalah sodara kembar 3..sekian.


8 komentar:

  1. tril... tril... ayo kita ke VAF... *makin ngaco* :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^
      ^
      ^
      contoh sunda blasteran :p

      Hapus
  2. gw kw baduy beberapa waktu lalu,dan minta rekomendasi buat sewain elp(f),dikasihlah nmr hp si sopir,ada p(f)enomena aneh loh,tiap gw sms tu sopir yg notabene orang banten, balesan yg seharusnya pake hurup(f) "p" selalu di tulis dgn hurup "f",misal: sms gw 'pak, kita dah nyampe stasiun rangkas,bapa nunggu di mana? balesan sms sopir 'keluar stasiun f(p)aling 5 menit jalan f(p)a, nanti ada f(p)ertigaan,saya nunggu di situ'..aneh kan?apakah secara lisan dan tulisan untuk orang sunda saling bertolak belakang?hanya berlaku untuk sunda banten?atau hanya si bapa sopir aj?mungkin justru si bapa sopir ingin menghilangkan paradigma tentang salah kaprah pengucapan f jadi p di kalangan sundanese,hingga penempatan 'p' selalu ditulis 'f'?bingung asli,gw sendiri asli sukabumi,tp ga gitu2 banget :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha..gw juga jd ikutan bingung dah
      itu tingkat keparahannya udah akut kali yeee...gw kalo tulisan masih bener aja,,tp ngomong belibet banget daah :D

      Hapus
  3. Tapi yang bener tetep napas loh Tril, bukan nafas :D
    *kluar deh KBBI-nya :p*

    BalasHapus
    Balasan
    1. *catet*
      makasih inponya bubiiill..bisa jadi barang bukti nih klo orang ngetawain akyu pas ngomong "napas" hehehe

      Hapus
  4. ah siyal, gw tahan ngakak baca yang ini triiiill :))) untung nama saya ngga ada hurup F dan V nyah, jadi aja ngga salah disebut :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,,,untuung lah riiiilll..

      Hapus