Selasa, 25 Juni 2013

#Flashback : Rafa dan Jaundice



jaundice alias bayi kuning,,,untuk penjelasan lengkapnya bisa melipir ke mbah gugel yaaaak *maap lagi ga bisa ngelink nih :D*

Akibat pengetahuan terbatas, dengan pedenya saya selalu menganggap kalau bayi kuning itu terjadi pada bayi dengan berat lahir rendah..padahal TETOOOOT salah besar!karena ternyata rafa didiagnosa kuning padahal berat lahirnya besar...

Awalnya pas hari ketiga pasca lahiran yang artinya udah boleh pulang, rafa terpaksa ditahan dulu untuk CEK DARAH!karena pas DSA nya visit dipagi harinya rafa terlihat menguning,,,,hiks…dan begitu hasil lab-nya keluar, ternyata bilirubin rafa normal!say what?alhamdu?lillaaaah..jadi rafa dan emaknya pun melenggang bebas keluar klinik..yeay!

Seminggu kemudian, jadwal kontrol rafa ke dsa yang sama..dan disana lagi-lagi dsa melihat rafa udah kuning seluruh badan..iiih kok ga keliatan sih dimataku?!jadilah rafa dirujuk untuk CEK DARAH lagi..huaaaaaaa…

dan hasil lab yang kedua ini memperlihatkan bilirubin rafa naik!dan kini nilainya jadi 15…yang berarti diatas ambang batas normal..hiks..disinilah DSA menyarankan untuk phototerapi alias disinar..

sebagai ibu baru, saat seperti ini yang terjadi justru galau!gara-garanya banyak yang nyaranin buat dirumah aja, disinar matahari langsung dan bla.bla..blaa…maunya siiihh..tapi..tapii itu bilirubinnya diatas normal lho,kalo ntar anak gw kenapa2?aaaaahhh amit-amit…

akhirnya dengan basmalah, saya setuju rafa di phototerapi di klinik tempat lahiran dulu..

dan ternyata phototerapi itu nightmare buat saya!bener-bener ga tega liat rafa yang masih berumur harian itu dikasih penutup mata dan cuma pake popok doang dimasukin ke “kotak” bluelight..kalo ga inget ama produksi ASI mah pengen deh tuh nangis-nangis..tapi demi rafa ya, dikuat-kuatin deh..lagian masa kalah ama si bayik, dianya sendiri ga rewel –rewel banget lho, cuma pas awal-awal karena masih adaptasi kayanya eh seterusnya malah anteng bobo mulu *peluk rafa* 

Dan disitulah mulai belajar pumping yang sesungguhnya, rasanya pegeeeeel!iya lah secara pake pompa manual :p,,bener-bener kejar setoran juga bok, tapi Alhamdulillah terpenuhi, jadi butuh 2 hari saja rafa disinar dan diperbolehkan pulang..karena pas di cek darah (yes, ini keTIGA kalinya rafa dicek darah hiks) Alhamdulillah bilirubinnya udah jauh menurun..hidup ASI!hehehe

3 hari kemudian disuruh kontrol lagi,,eh pas ketemu ama DSA nya masa dia bilang rafa kuning lagi dan disuruh cek darah lagi!aaaaarrrgh…

jadi FYI, pak suami sebenernya udah agak gak sreg ama dokter ini gara-gara diagnosanya selalu nakut-nakutin gw, mulai dari nakut-nakutin anaknya bakal kejang sampe radang otak iiiihhh amit-amit!
trus pas lagi di phototerapi pun tiap doi visit trus kita nanya “ada kemajuan dok?” doi cuma bilang “sulit ya bu kalau diliat dari visual gini, harus di cek darah biar lebih jelas” ih padahal kan tiap kontrol  sebelum diterapi doi liat visualnya rafa dulu kan trus nyimpulin “Anak ibu kuning” dari situ..lah kok pas diterapi jadi susah? -_-"

karena mulai ga nyaman gitu, akhirnya saat itu saya mulai memberanikan diri untuk ga nurutin maunya DSA itu dan memilih home treatment aja.. ortu dan suami pun udah sangat menyarankan gitu, “ga tega liat rafa diambil darah mulu” katanya..

jadilah berdasarkan pengalaman orang-orang yang dulu bayinya kuning juga, rafa di home treatment dengan cara :
- jemur pagi di bawah matahari langsung kurleb 30 menit pada jam 7-9 pagi
- di”sinar” pake lampu belajar dengan daya lupa berapa wattnya hehehe,,,tapi jangan diarahin kemukanya yaaa
- banyakin ASI!!

dan hasilnya Alhamdulillah kuningnya berangsur-angsur menghilang (berdasarkan pengamatan ane secara visual ya). .dan untuk menenangkan diri sendiri, emaknya ini konsul ke DSA lain pas sekalian imunisasi..dan pas saya nanya “bayi saya masih kuning ga ya dok?
jawabannya 


“ Ah segini mah masih normal bu, ASI ekslusif kan?banyakin nyusunya aja trus rajin dijemur pagi-pagi”


langsung lega deh..dan langsung mikir “kok kayanya DSA yang lama itu ga pernah ngomong kaya gitu ya ke gw?yang ada malah nyuruh cek darah trus disinar mulu” hmmmmm..

dan setelah banyak baca-baca referensi di mbah gugel, ternyata banyak juga yang ketika bilirubin bayinya 15 itu memilih untuk gak disinar alias phototerapi,,

ya sudahlah yaaa..ekeu kan ga seberani itu bok, maklum ibu baru!:))

11 komentar:

  1. salam kenal mba :)
    Anakku kemaren juga bilirubinnya 15, tp sengaja habis keluar hasil lab ga kusampein lagi ke DSAnya,takut disuruh fototerapi,, Hehe,, Alhamdulillah setelah rajin2 jemur pagi n gempur ASI udah ga kuning lg kog,, Semangat mbaa,smg rafa sehat selalu yaa,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jugaaa..:)

      amiiin amiiin buat doanya...
      iya nih penyakit ibu baru, panik duluan trus langsung pasrah begitu disuruh DSA nya phototerapi..eh ujung-ujungnya ilfeel deh ama dokternya karena nyuruh cek darah mulu huhuhu

      Hapus
  2. Iya.. Dulu Dzaky juga dibilang bidan agak kuning. Tapi alhamdulillah cuma disuruh jemur n mimik ASI yang banyak...

    Semangat mbak... Semoga Rafa Sehat selalu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin amiiinn...semoga dzaky juga sehat selalu :)

      iya akhirnya gempur ASI aja,,abisnya udah ilfeel ama DSA pertama..heu

      Hapus
  3. HAHAHAHA, jangan-jangan DSAnya sama lagi Tril? Ngga mungkin tapi yeeee :P *secara lo dimana, gw dimana*

    Tapi bener deh, kan kita ga bisa ya milih DSA pertama kali, trus tetiba hari ketiga usia Kaka bilirubinnya 13,8 dan HARUS SEGERA disinar, kata si DSA. Langsung gw buka grafik bilirubin keluaran CDC, batas ambang katanya si grafik 18. Aman dong harusnya anak gw. Eh, DSA-nya bilang: "terserah ibu sih, kalo ada apa2 saya ga tanggung jawab!" CIIIH! Bentji akkooooohhh! Akhirnya gw curhat ke Obgyn gw, gimana baiknya. Katanya bawa pulang aja gapapa. HAHAHAHA.. Gw pan panikan ya, langsung hubungin konselor laktasi, temen yang mau jadi DSA, hahahaahha. Panik abis! :)))

    Akhirnya gw bawa pulang, sambil observasi. Trus gw ganti DSA. Eh sama loh sama DSA lo yang kedua jawabnya "Ah, ini mah kuning biasa, ASI aja ya.."

    Emang, second opinion ternyata perlu ya Tril.

    Well, itu semua sudah berlalu ya.. Semoga anak kita selalu sehat ya Tril. Muaaaaah! :*

    p.s.
    Komen gw ga kurang panjang apa yaaa.. Muahahahahahahhaa :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah kamuuuuu...kenapa ga bikin postingan tentang jaundice sih duluu?pan akyu bisa jadiin referensi pas lagi panik itu hehehe...

      jangan-jangan DSA awal qta itu ada ikatan darah,,atau mungkin anak yang tertukar *pemikiran korban sinetron* :p

      iya AMIIIIIIN...rafa & teteh/kakak/mbak? arinka sehat teruuuuss!yeah!

      Hapus
    2. Bahahahaha, posting sekarang apa? Telat abeees! :))
      Aammiiin, cipok Rafaa :*

      Hapus
    3. Eaaaa, Nella datangg :D

      Hapus
  4. Semoga Rafa sehat selalu ya San.. Semoga nanti dokterku ga kayak gitu deh.. huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin amiiiin...

      iya be, tp insyaallah lah ya di swedia mah dokter2nya lebih mumpuni kali :))

      Hapus