Tentang Menyapih



Intermezzo

Semenjak saya ketauan hamidun lagi,,entah udah berapa mulut yang komen buat nyapih rafa..tentunya ditambahin bumbu permitosan yang bikin saya elus-elus perut sambil berbisik “naudzubillahi min dzalik”..
tapi saya kekeuh lanjutin buat NWP a.k.a Nursing While Pregnant..karena saya :

- ga pernah punya riwayat keguguran
- ga pernah ngalamin kontraksi di perut
- ga pernah flek

intinya..saya ngerasa kuat dan baik-baik aja..

ditambah, nanya-nanya ke temen sesame NWP..yah pastilah dukungan mengalir deras yaa..hehe
untung kakek-neneknya rafa dan suami mendukung juga (it’s most important lah ya!)
Sempet sih ragu-ragu, karena 2 obgyn yang berbeda yang saya datengin pasti menyarankan untuk menyapih juga..hiiikksss…belum tega euy sebenernya..
sampai akhirnya, si perut sudah membuncit sempurna..udah mulai kerasa sesek juga..baju-baju udah pada ga muat..posisi menyusui rafa udah ga ada yang pewe sama sekali..
sambil tiduran,,eh kadang perut ketendang ama rafa..#duh
sambil duduk..eh si perut ketekan, trus jadi sesek deh..
dan saya sadar..saya udah ga enjoy lagi nih nyusuin rafa..
tapi disisi lain,,saya masih ga tega-rela-ridho buat nyapih rafa..kudu kumaha atuh ieuuuu???

dan  tiba-tiba kakek-nenek nya rafa mulai nyaranin buat nyapih aja..akhirnya saya pun setuju dan bernazar untuk nyapih rafa pas ultah saya..jadi saya masih punya waktu nyiapin mental..hihi

16 januari 2014

status : mamanya tepat 26 tahun, Rafa tepat 22 bulan, udah ga minum ASIP sejak 18 bulan, nenen langsung cuma pas mau bobo

saya ditagih buat nyapih rafa..

dari beberapa minggu sebelumnya,,saya emang udah mewanti-wanti rafa buat “ga nenen lagi ya nanti pas mama ultah”..begitu teruuuus kaya kaset rusak..ceritanya mengharapkan bisa WWL gitu pas 16 januari datang..

eh taunya rafa ga bergeming..hahaha

Nah sepulang dari birthdate ama suami..ternyata neneknya rafa udah nyiapin brotowali buat dioles-olesin di PD..konon katanya karena rasanya yang pahiiit banget, bikin proses menyapih lebih sukses..

huft..ga rela sih sebenernya yah bok..tapi saya hanyalah manusia biasa..dan bukan penganut WWL garis keras..jadi dengan mengucap basmallah saya oles-oles deh tuh di PD..
Dan tibalah saat rafa minta nenen..jreeeeng, doi mengernyit trus minta minum..dan ga mau nenen lagi karena pahit..dan sampai dia ngantuk banget pun tetep ga minta nenen,,sampai akhirnya rafa berhasil bobo tanpa nenen karena didorong-dorong di stroller..hip hip horeeey!

tapi keberhasilan itu sementara..tengah malam rafa bangun minta nenen, dan pas tau kalo rasanya masih pahit, doi akhirnya nangis ngamuk..huhuhu patah hati deh emaknya langsung..berasa jahat banget T_T

Tapi saya harus kuat,,ini udah jadi keputusan yang saya ambil, jadi saya tetep ga ngasih nenen rafa..sampai akhirnya rafa pun bobo lagi setelah kecapean nangis..fiuuuuhhh

20 Januari 2014

Sudah hari keempat rafa disapih..
Alhamdulillah 4 malam ini rafa bisa bobo tanpa nenen..walaupun jadi nunggu dia ngantuk dulu yang berarti begadang teruuuss..

wah sukses dong berarti?Insyaallah..semoga beneran sukses ya..masih deg-degan soalnya hehe
Yang pasti saya sih berharap semoga makin lancar hari-hari berikutnya, no more nenen…jadi lebih nyenyak tidurnya..jadi lebih banyak makannya..Amiiinn..

I’m proud of you, rafardhan!

Thank you for the unforgetable -22 months breastfeeding- moment…smooch!


next target : Toilet Training, semangat!

Komentar

  1. Ah, tahapan ini.. T^T
    Gue dulu juga nyapih Zaidan cuma bilang, "Nenennya udah abis, Nak." Dan dia sambil pegang-pegang PD gue pun membeo, "Nenen abis, nenen abis." Trus tidur. Dan hatiku pun patah..
    Smangat ya, Tril. Alhamdulillah proses Rafa pun nggak banyak drama.
    Mudah-mudahan toilet trainingnya sukses. Gue belom nih :D

    BalasHapus
  2. iihhh zizi pinteerr..dibilangin gitu langsung mau berhenti *acungin jempol*

    iya nih bil..ampe sekarang patah hatinya huhu..
    tapi emang harus udah dilepas kan ya..udah waktunya..jadi akhirnya yah emang harus ikhlas lagi.. :))

    amiiin amiiin..walopun gw juga selow sih kalo TT mah..ga ditarget :D

    BalasHapus
  3. ketika hamil, saya juga masih menyusui. Alhamdulillah gak apa-apa.

    Ketika menyapih, rasa gak tega memang paling berasa beratnya :)

    BalasHapus
  4. iya mbak chi..ga tega tapi yah harus dipaksain emang sih :D

    BalasHapus
  5. Huaaaa.. sedang hamil anak ke-2 yaaa.. Semoga kalian sehat selaluuu..
    Aku sekarang mulai deg2an nih tentang nyapih Jo. Masih belum waktunya sih, tapi kok rasanya udah harus nyiapin hati juga.. hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nikmatin aja dulu mbak be (mbak?:p) selama kau bisa..halah..

      iya nih udah hamil ke dua,,amiin amiiin doanya :D

      Hapus
  6. SEMANGAAATTTTT! Ayokayok toilet training sebelum brojol biar ga banyakbanyak beli pembers hahahahaha! :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA AMPUN! kok gw ga kepikiran itu ya?! good idea banget bup..semoga berhasil! *kepal tangan*

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rafa dan KPSP 3 bulan ^o^

#Flashback : Berapa Jaitan Neng?

Rafa's birth story - Episode 2